SUCTIONING PADA ANAK DENGAN TRAKEOSTOMI
SUCTIONING PADA ANAK DENGAN TRAKEOSTOMI
Narasumber : NYIMAS SRI WAHYUNI, S.KEP, NERS, M.KEP, SP.KEP.A
(RSMH, Palembang)
Penyedotan sekresi dari selang
trakeostomi menjadi prosedur yang berisiko terutama pada anak yang sakit parah,
sementara akumulasi sekresi dapat memengaruhi fungsi pernapasan anak (Kostylioviene et al., 2019). Beberapa
rekomendasi terkait prosedur suctioning
pada anak yang terpasang trakeostomi:
1.
Lakukan
auskultasi dada pasien untuk memastikan kebutuhan dilakukan suction (Kostylioviene et al., 2019).
2. Normal salin
tidak direkomendasikan untuk digunakan secara rutin ke dalam tabung trakeostomi
karena dapat meningkatkan komplikasi (Kostylioviene et al., 2019; Sherman et al., 2000).
3. Tekanan
hisapan yang direkomendasikan untuk usia remaja 80-120 mmHg (10-16 Kpa), 80-l00
mmHg (10-13 Kpa) untuk anak-anak dan 60-80 mmHg (8-10 Kpa) untuk neonatus (Kostylioviene et al., 2019).
4.
Kedalaman suctioning (Sherman et al.,
2000):
·
Gunakan teknik
yang telah diukur sebelumnya.
·
Memutar
kateter mengurangi gesekan membantu dengan insersi.
·
Penggunaan
kateter yang sudah ditandai memastikan kedalaman yang tepat.
5.
Frekuensi suctioning berdasarkan penilaian dan
akan bervariasi, minimal pagi dan waktu tidur untuk memeriksa patensi selang
jika tidak ada sekresi (Sherman et al.,
2000).
6.
Anak-anak
dengan trakeostomi yang stabil dan tidak memiliki dukungan pernafasan tambahan
(yaitu, ventilator, tekanan jalan nafas positif terus menerus, atau tingkat
oksigen tambahan yang tinggi) biasanya tidak mendapat hiperoksigenasi,
hiperinflasi, atau hiperventilasi sebelum suctioning
(Sherman et al.,
2000).
7.
Durasi hisap
dilakukan hingga selesai dalam waktu kurang dari 5 detik (Sherman et al.,
2000).
Alam et al. (2017) menyebutkan komponen-komponen edukasi perawatan di
rumah meliputi:
1. Tanda-tanda
gangguan pernapasan, infeksi dan kerusakan kulit, daftar periksa persediaan
darurat, kontak, penyedia layanan kesehatan, personel perawatan kesehatan
terkait dan perusahaan pemasok peralatan.
2.
Kapan dan
bagaimana suctioning pada
trakeostomi.
3.
Kapan dan
bagaimana membersihkan tabung trakeostomi dan daerah sekitarnya.
4.
Kapan dan
bagaimana mengganti tabung trakeostomi.
Kelengkapan perawatan pasien trakostomi di rumah
menjadi hal penting lain yang juga harus diperhatikan oleh perawat. Satu studi quality improvement Kohn et al. (2019) melakukan intervensi berupa mendistribusikan Trakeostomi
“Go-bags” (Gambar 1) secara gratis kepada semua pasien dengan trakeostomi untuk
mempromosikan perawatan optimal melalui standarisasi perlengkapan rumah dan
pemantauan pasien rawat jalan. Dalam setiap tas berisi daftar periksa berbasis
diagram untuk pemeriksaan kelengkapan peralatan oleh staf (Gambar 2). Go-bag
diberikan kepada pasien tanpa biaya. Pada setiap kunjungan klinik, isi Go-bag akan
dicek oleh perawat untuk memastikan kelengkapan peralatan yang diperlukan (Wells et al., 2018).
|
|
Gambar 1.
Trakeostomi “Go-bags” (Kohn et al., 2019; (Wells et al., 2018) |
Gbr. 2.
Daftar periksa suplai trakeostomi berbasis diagram (Kohn et al., 2019) |
Media edukasi bagi keluarga juga menjadi penunjang yang
penting dalam melakukan perawatan anak dengan trakeostomi di rumah. Berikut
contoh media edukasi perawatan balutan trakeostomi dari sebuah rumah sakit anak
di luar negeri.
Gambar 3. Handout pendidikan
keluarga (Wells et al., 2018)
Referensi:
Alam, R., Rehana, M., & Raied, A. (2017).
Obligation of home care education for tracheostomy. Safety in Health, 3(1),
2–4. https://doi.org/10.1186/s40886-017-0053-x.
Kohn, J., McKeon, M., Munhall, D., Blanchette, S., Wells, S., &
Watters, K. (2019). Standardization of pediatric tracheostomy care with
“Go-bags.” International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology, 121,
154–156. https://doi.org/10.1016/j.ijporl.2019.03.022.
Kostylioviene, S., Vaskelyte, A., & Grinkeviciute, D. (2019).
Pediatric nurses’ knowledge and skills in evidencebased technique of secretion
suctioning from a tracheostomy tube. Sveikatos Mokslai, 28(6),
105–111. https://doi.org/10.5200/sm-hs.2018.080.
Sherman, J. M., Davis, S., Albamonte-Petrick, S., Chatburn, R. L., Fitton,
C., Green, C., Johnston, J., Lyrene, R. K., Iii, C. M., Othersen, B., Wood, R.,
Zach, M., Zander, J., & Zinman, R. (2000). American Thoracic Society care
of the child with a chronic tracheostomy. This official statement of the
American Thoracic Society was adopted by the ATS Board of Directors, July 1999.
Am J Respir Crit Care Med, 161(1), 297–308.
Wells, S., Shermont, H., Hockman, G., Hamilton, S., Abecassis, L.,
Blanchette, S., & Munhall, D. (2018). Standardized tracheostomy education
across the enterprise. Journal of Pediatric Nursing, 43(2017),
120–126. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2018.06.004.
Komentar
Posting Komentar